Rabu, 09 September 2015

[Review] TERTINGGAL WAKTU


SINOPSIS
Rin berkejaran dengan waktu. Semua orang tahu itu. Tapi, Rin tidak mau dianggap berbeda. Meski waktunya tak lagi lama. Rin bergegas mimpi. Meski waktu yang dia punya bisa jadi membatasi. Menjadi seseorang yang berprestasi dan bisa membanggakan manusia di sekitarnya lewat hal yang dia suka: bola voli. Lewat pertandingan voli, Rin mempertaruhkan waktu juga rasa cemas orang-orang yang dia sayang.

SPESIFIKASI BUKU
Penulis: Khairani
ISBN: 9786020265513
Cover: Soft Cover
Editor: Pradita Seti Rahayu
Ukuran: 12.5 X 19.5
Harga: Rp. 34,800 (Menang GA dari Penulis)
Terbit: 10-Jun-2015
Tebal: 172 hlm
Design Cover: Hadi
Penerbit: Elexmedia Komputindo
Genre: Romance Inspiratif
Rate: Teen/Remaja

REVIEW
Baru selesai baca setelah 2-3 minggu nggak diselesaikan setelah diterima. Alasan nunda baca sebenarnya sepele dan memang kebiasaan, kurasa ceritanya terlalu mainstream. Dan kebetulan Percy Jackson #5 ku dipulang teman (dia pinjam nggak bilang & masih plastikan. Kampret bener.) alhasil tergoda baca Percy dulu lalu beberapa buku lain yang baru beli. Hehehe~ (Semoga penulisnya nggak baca. Amin!!!)

Kenapa mainstream aku bilang?
1. Isinya tentang cewek berpenyakit yang terancam mati.
2. Ada murid cowok berandal trouble maker di sekolah.
3. Ada teman cowok yang sejak kecil perhatian dan memendam perasaan.
Tiga point di atas banyak kujumpai di beberapa novel dan cerita di film drama atau serial.

Settingnya Indonesia tapi nama-nama tokohnya mayoritas nama asing. Usulku sih kalau bikin novel nama tokoh-tokohnya disesuaikan latar belakang asal tokohnya biar lebih berasa gitu suasananya. Apalagi ini Makasar, kan? Aku malah tertarik orang daerah sana nama-nama yang khas itu apa saja.

Nah, ini kelebihan novelnya. Ada amanat yang terkandung di dalamnya. Memgajarkan bahwa meski kita memiliki kelemahan yang bisa saja fatal tapi tetaplah punya tekad. Terpuruk dan meratapi nasib nggak akan menyelesaikan masalah. Malah semakin membuat diri sendiri makin stres dan jiwanya mati mendahului tubuh (apaan itu kalimat?). Rin, memiliki kebocoran di jantungnya sejak lahir. Tubuhnya lemah dan tidak bisa melakukan hal-hal yang berat secara fisik, tapi dia tetap ngotot ingin menjadi altlet voli--yah, walau setelah tanding dia langsung pingsan. Bertemulah dia dengan Arga, sang biar onar yang rupanya Rin menyadari ada kebaikan di sana. Dengan cara menyita dan menyimpan cincin peninggalan Mama Arga, Rin mengajukan 3 permintaan. Jadilah mereka makin dekat dan Arga perlahan berubah.

Dengan memakai sudut pandang orang ketiga, Khairani sudah cukup bagus menuliskan diksinya yang memang ringan khas remaja. Dan aku mendapati bahwa gaya ngomong Arga dan Rin beda. Arga pakai kau dan Rin yang lebih lembut pakai kamu. Aku suka. Karena karakter mereka jadi makin kuat.

Oke. Finally... Aku kasih bintang 3 dari 5 bintang buat novel ini.

2 komentar: