Minggu, 27 Desember 2015

[Review] THE DEMIGOD DIARIES



Penulis : Rick Riordan
Penerjemah : Reni Indardini
Penerbit : Mizan Fantasi
Terbit : Cetakan IV, April 2014
Halaman : 344
ISBN : 978-979-433-775-2
Sinopsis :
Demigod muda yang budiman,
Takdirmu menanti. Kini, setelah kau mengetahui siapa sejatinya orangtuamu, kau harus mempersiapkan diri untuk masa depan penuh rintangan--bertarung melawan monster, berpetualang ke penjuru dunia, serta menghadapi dewa-dewi Yunani dan Romawi yang temperamental. Sungguh, aku sama sekali tidak iri padamu.
Kuharap buku ini bisa membantumu mempersiapkan diri untuk menyongsong petualanganmu sendiri. Seperti kata Annabeth, pengetahuan adalah senjata. Semoga berhasil, Pembaca Muda. Siapkan baju tempur dan senjatamu. Tetap waspada. Ingatlah, kau tak pernah sendiri!
RICK RIORDAN
Kerani Senior
Perkemahan Blasteran
Long Island, New York
***
Ada 4 cerita di dalam buku ini yaitu:
1. Buku Harian Luke Castellan
2. Percy Jackson dan Tongkat Hermes
3. Leo Valdez dan Misi Menemukan Buford
4. Putra Sihir

Cerita paling akhir dibuat oleh putra Rick Riordan. Isinya tetap mengangkat seorang demigod--yang dulu ada di pihak Kronos--dan juga orang biasa bernama Claymore. Di kisah terakhir kita bisa mengetahui sisi lain penjahat. Maksudnya seseorang berada di pihak yang salah pasti memiliki alasan yang bila kita pikirkan dan bayangkan bila kita ada di posisinya pasti juga akan berlalu demikian.

Cerpen "Putra Sihir" menceritakan tentang seorang Demigod, Alasbaster sang putra dewi Hecate yang mendatangi seminar seorang penulis terkenal, Doktor Claymore. Tanpa dia sadari pertanyaan dan kunjungannya kepada Doktor Claymore justru membuat sang Doktor jatuh ke dalam masalah. Pria ini dikejar-kejar Lamia karena hanya dia yang tahu di mana Alabaster tinggal.

Dilihat dari kata-kata Lamia, sepertinya setting cerpen ini sama dengan setting waktu di novel Lost Hero, diketahui dari Lamia yang menyebut-nyebut ibu bumi dan dia yang dengan cepat pulih, bukannya terbuyarkan dan kembali ke Tartarus, juga Alabaster yang menceritakan kekalahan perang beberapa bulan lalu.

Diksi yang ditulis Haley Riordan beda jauh dengan sang ayah. Lebih baku meski sama-sama asyik dibaca. Oh iya, sebelum bagian cerpen ada semacan kata-kata dari Rick Riordan yang menceritakan tentang cikal bakal novel Percy. Sweet juga rupanya. Kelihatan sekali bahwa sang ayah begitu menyayangi anaknya. Haley mempunyai GPPH dan Disleksia. Inilah yang membuat munculnya ide demigod.

Terus, cerpen favoritku justru cerpen nomor 1, "Buku Harian Luke Castellan". Para pembaca Percy Jackson di novel seri awal pasti membenci Luke. Aku juga. Tapi mulai seri akhir Percy Jackson, aku mulai bersimpati. Pas baca cerpen ini tambahlah rasa kasihanku pada seorang Luke. Ya seperti yang aku bilang di atas. Penjahat memiliki latar belakang kenapa mereka memilih berada di pihak musuh. Soalnya Luke sebenarnya tidak jahat.

Di cerpen ini menceritakan Luke saat masih bersama Talia dan belum menemukan Annabeth. Suatu saat, Talia memutuskan mengikuti kambing milik Zeus dan membuat mereka berdua memasuki jebakan.

Ada anak Apollo yang dikutuk berpuluh tahun terperangkap di dalam rumah dan tak bisa bicara. Justru Leucrota yang bicara memakai suaranya menggantikan dia. Demi kelangsungan hidupnya, Hal selama bertahun-tahun memancing demigod untuk masuk ke rumahnya. Leucrota memakan demigod itu sedang dia menggasak perbekalan mereka untuk dimakan begitu terus sampai dia bertemua Talia dan Luke.

Sebagai anak Apollo, Hal bisa meramal. Dia meramal masa depan Talia dan Luke juga memberikan senjata Aegis untuk Talia dan belati yang kayaknya bakal dipakai untuk bunuh diri di novel Percy Jackson #5.

Di sini aku berpikir, andai Hal tidak membantu 2 orang ini apakah perang melawan Kronos tidak ada?

Terakhir 2 novel lain dengan Percy Annabeth sebagai tokoh utamanya juga trio Leo, Jason Piper. Ceritanya seru dan lucu dengan gaya menulis Rick Riordan yang asyik seperti biasa. So, bagi penyuka novel Percy Jackson dan Heroes of Olympus, wajib juga baca ini. Soalnya meski ini cerpen tapi menyambung dengan novel-novel itu.

Bintang 4 dari 5 bintang untuk The Demigod Diaries.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar