Kamis, 26 November 2015

[Review] THE LONG GOODBYE



THE LONG GOODBYE
Penulis : Ida R. Yulia
Penerbit : Grasindo
Terbit : 12 Oktober 2015
Halaman : 194
ISBN : 9786023752102
Sinopsis :
Ini kisahku mendampingi Eomma. Aku yang perlahan memudar di matanya.

Aku Pavel Vladimirovich Andreyev, 16 tahun, siswa kelas 2 SMA Hyowon. Eomma-ku asli Korea Selatan, sedangkan Papa datang dari Nizhny Novgorod, Rusia. Sejak usiaku 11 tahun, orang tuaku
bercerai. Papa kembali ke negara asalnya, sementara Eomma memenangkan hak asuh atas aku, putra satu-satunya. Kami hidup bahagia di Suwon, Gyeonggi-do, meski tanpa Papa.

Akan tetapi, kebahagiaan itu mulai surut dua tahun ini. Eomma mulai melupakan sesuatu. Beberapa kali, ia bahkan salah mengenaliku. Dokter menyatakan, Eomma mengidap Early Onset Alzheimer's, atau Alzheimer di usia muda sebelum penderita berusia 65 tahun. Eomma bahkan masih 46 tahun saat itu.

Alzheimer menggerus ingatan dan fisik Eomma. Eomma bahkan mampu melukaiku, meski beliau tak menyadarinya.

Aku tak tahu apakah aku harus tetap bertahan atau melepaskan Eomma... 
***

Akhirnya kelar baca... 

Meski sebagian besar setting dan lain-lainnya tuh kebanyakan Korea tapi Miss Ida lumayan banyak memasukkan pengetahuan tentang Rusia. Aku baru tahu lho kalau orang Rusia nggak suka senyum karena nggak mau jadi "Hamba Sahaya"--entah apa itu hamba sahaya akan lebih menarik kalau diulas lebih detail. Pantes kalau kebanyakan muka-muka Rusia tuh serius gitu rautnya. Intinya lewat buku ini aku menemukan ketertarikan tentang Rusia. Ingin explore lebih dalam. YOSH!

Di sini diceritakan kisah Pavel a.k.a. Pasha a.k.a. Pavlusha--ini juga menarik, betapa banyaknya panggilan buat satu nama--terus menerus menyembunyikan penyakit ibunya yang ternyata supaya sang ibu tidak kehilangan hak asuh atas Pavel. Suka deh membaca kisah ini. Kedekatan ibu dan anak ini bikin terharu apalagi di bagian-bagian belakang. Terus aku menangkap perbedaan dari novel-novel Miss Ida sebelumnya. Tokohnya memang muda tapi kok kerasa kurang ada 'sentuhan kanak-kanak'--maksudnya apa ya? Aku bingung jelasinnya. Jujur karena hal itulah jadi ngerasa ada yang kurang. Hehehe~ Tapi lumayan terobati karena ada tokoh-tokoh lain yang diijinkan hadir untuk mewarnai. Park Ji Hoon dan Ha Na misal. Justru daripada Pavel, aku suka karakter dua orang ini. Bukan karena ada yang namanya sama kayak aku lho. Eh? Tapi aku pikir Ha Na kok ya kebetulan ada sifatnya yang mirip aku yak? Wkwkwk~ Aku kalau sama teman yang amat dekat semacam itu juga.

Ceritanya simple. Nggak kerasa kecepetan alurnya. Tapi itu juga bisa menjadi kekurangan. Aku rindu karya Miss Ida yang agak njlimet kayak Andante atau Walkin to the Day gitu. Terus novel ini sangat kurang nyempilin humor. Tapi kalau dibilang angst juga enggak. Lalu ada bagian yang saat dibaca, susah buat masuk gitu. Jadi terasa apa ya? Datar mungkin. Nah, mulai setelah kejadian penusukan itu aku baru ngerasa emosiku teraduk. Jadi ikut hanyut dalam sedihnya sebuah perpisahan terus terharu punya teman-teman yang care. Mau kasih masukan boleh? Kayaknya dari awal sampai akhir kasih pov. 3 aja. Emang sih dengan adanya pov. 1 dari sudut pandang sang ibu, mungkin tujuannya biar pembaca terbawa gimana menjadi seseorang yang mengidap Alzheimer tapi karena porsi nggak begitu banyak lalu cuma dituliskan gitu aja tanpa ada flashback atau menceritakan masa lalu malah aku kurang klik bacanya. Akan lebih bagus bila, kan sang ibu kadang ingat tuh terus kadang juga merasa dirinya masih ada di masa sebelum cerai, maka sebaiknya masukkan juga ibunya yang membayangkan masa lalunya. Toh, kisah kenapa mereka bercerai tak dituliskan lebih detail.

Terakhir, aku mau CIEEEE-in Miss Ida ah. Bisa juga gitu bikin romance. Walau amat dikit tapi lumayan manis. Pavel memang cocok dengan Natalya kalau sama Ha Na kasihan Pavelnya bakal tertindas coz kayaknya Pavel nggak bakal bisa ngalahin dominannya Ha Na. Hahaha!

So, terus semangat nulis dengan berbagai setting dan karakter ya, Miss. 

Aku kasih 3,5 bintang dari 5 bintang untuk novel ini. 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Boleh nanya? Illustrasinya si pavel kyk gmn ya?

    BalasHapus