Kamis, 04 Juni 2015

[Review] WHY?




Maaf kalau ada penampakan nyempil.
Maaf juga kalo kesannya narsis bener review novel sendiri.
pacman emotikon

Ini bisa dibilang review dikit curhat banyak kok.


WHY
Penulis : Cuncun
Penerbit : Zettu
Halaman : 286
Sinopsis :

"Memangnya apa itu cinta? Sebegitu rumitkah cinta? Seperti apa rasanya? Kenapa aku selalu melihat cinta hanyalah sebuah bencana?"

"Apa pun yang kurasakan dulu padanya yang terpenting adalah hari sekarang bukan? Aku mencintaimu. Yakinlah Lalu bersikaplah seolah kau adalah pemilikku. Halaulah siapa pun yang berusaha mendekatiku. Kau mengerti?"

Aku ingin terbangun dan terjaga tanpa mengingat masa lalumu, tanpa mengingat semua lara hidupku. Aku ingin mencintaimu dengan rasa yang tulus, ingin bisa memilikimu tanpa harus merasa takut semua getir itu akan terulang kembali. Yakinkan aku bahwa kaupun inginkan hal yang sama, tanpa aku harus bertanya lagi, kenapa?

***


Untuk kedua kalinya aku merasa yang bikin blurp novelku kesambet. Kenapa? Ya masa, 2 novelku blurp nya ngaco semua? Blurp sama cerita utamanya ga nyambung. Semoga yang ketiga nggak ngaco lagi. (Amin!)

Mengisahkan tentang Yukio Akanishi, gadis Jepang yang berkuliah di Taiwan. Kenapa milih tempat kuliah sejauh itu? Ada alasan khusus yakni, hubungan dengan sang ayah nggak bagus dan Yukio nggak suka hidupnya dikendalikan sang ayah lalu yang utama Taiwan adalah kota di mana sang ibu kecelakaan hingga meninggal. Kenapa ibunya jauh-jauh ke Taiwan dan hanya mengajak dia saat masih kecil, itu masih menjadi misteri yang tak Yukio ketahui.

Ketenangannya di Taiwan terusik sejak dia bertemu dua laki-laki, Kim Jaejoong dan Kevin Wu. Perlahan, berkat dua orang ini dan sang kakak beda ibu, Jin Akanishi, Yukio menjadi tahu rahasia keluarganya dan latar belakang yang membuat ibunya jauh-jauh ke Taiwan hingga akhirnya kecelakaan.

Sangat tidak puas dengan novel ini, karena naskah aslinya ada sekitar 250an halaman dan terpangkas menjadi 140an halaman lalu dibukukan. Sehingga pastilah detail cerita terpotong banyak. Aku ngerti sih, kalo nggak dipangkas bukunya bisa mencapai 400-500 halaman kalau sudah dicetak. Tapi sedihnya ada momen-momen favorit Yukio-Jae, Kevin-Yukio yang tidak ada di buku. #mewek

Untuk isi alias layout, aku suka. Covernya juga merah marun, warna favoritku banget setelah hitam (aku bercita-cita kelak punya cover novel hitam). Tapi... typo-nya ampun-ampunan. Kalau typo salahkan penulisnya. :'v

Dari 2 novelku yang sudah terbit aku dapat pelajaran penting bahwa self editing itu penting. DAN...jangan pernah lupa sertakan data diri dalam bentuk narasi karena kalau nggak, data diri lengkap (sangat lengkap bo~) bakal nongol di halaman belakang. Alhasil, bakal kena misscall atau sms dari banyak nomor tak dikenal. Untung nggak dikirimi paket tikus mati atau surat protes saking jeleknya itu novel. :'v
Pokoknya gara-gara kelalaian ini identitas yang harusnya rahasia, khalayak ramai jadi tahu dah. Padahal aku kan mau rahasiain nama asli."

Sekian terima sawer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar